Sejarah

  23 Maret 2017  |  DESA SUMBERARUM

Asal Usul Desa Sumberarum

Pada sekitar tahun sebelum tahun 1995, di lereng kaki sebelah Gunung Melalu (anak Gunung Raung) tepatnya di wilayah Kecamatan Songgon saat ini terdapat sebuah daerah subur yang diberi nama Desa Sragi. Pada saat itu Desa Sragi memiliki penduduk dengan jumlah cukup banyak serta memiliki wilayah yang cukup luas pula, diantaranya meliputi wilayah dusun-dusun yang berada di areal Perkebunan Bayu Kidul.

Atas pertimbangan banyaknya jumlah penduduk, luasnya wilayah serta tuntutan masyarakat agar fungsi pemerintahan terkait pelayanan pada masyarakat bisa lebih maksimal mengingat jarak antar dusun terutama yang berada di areal perkebunan sangat berjauhan, maka kemudian pada tahun 1997, Desa Sragi dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Sragi sebagai desa induk dan Desa Sumberarum sebagai desa pecahannya. 

Sebagai desa pecahan dari Desa Sragi, wilayah Desa Sumberarum pada saat itu meliputi 7 (tujuh) dusun, sebagai berikut :

1. Dusun Pasar  : 7 RT, 2 RW            5. Dusun Kampung Anyar  : 2 RT, 1 RW
2. Dusun Krajan  : 14 RT, 3 RW         6. Dusun Bejong  : 3 RT, 1 RW
3. Dusun Sumberasih  : 5 RT, 1 RW    7. Dusun Lider  : 2 RT, 1 RW
4. Dusun Mangaran  : 2 RT, 1 RW
Dari 7 (tujuh) dusun yang menjadi wilayah Desa Sumberarum tersebut, 4 (empat) diantaranya adalah dusun yang berada di areal Perkebunan Bayu Kidul, meliputi Dusun Mangaran, Dusun Kampung Anyar, Dusun Bejong, dan Dusun Lider.
Adapun asal usul nama “SUMBERARUM” menjadi nama desa pecahan dari Desa Sragi adalah sebagai berikut; konon daerah yang merupakan wilayah Desa Sumberarum pada waktu itu dan hingga sekarang merupakan daerah yang sangat subur dengan sumber air yang melimpah. Hasil utama daerah tersebut adalah cengkeh dengan aroma wangi cengkeh yang khas, yang mana aroma wangi cengkeh ini mendapat pengakuan dari Perusahaan Rokok Djarum Kudus dengan menyatakan bahwa cengkeh yang dihasilkan dari daerah ini memiliki kadar minyak cengkeh yang lebih baik dari daerah lain di Pulau Jawa. Dari kondisi inilah kemudian para tokoh masyarakat desa pecahan Desa Sragi tersebut sepakat memberi nama “SUMBERARUM” sebagai nama desa mereka, yang berasal dari kata Sumber yang berarti mata air yang melimpah ruah, dan Arum yang berarti aroma wangi bunga cengkeh yang sedang mekar.
Seiring berjalannya waktu, pada saat ini Desa Sumberarum telah berkembang dan telah dihuni oleh sebanyak 6.271 jiwa penduduk yang terdiri dari 2.963 jiwa penduduk laki-laki dan 3.308 jiwa penduduk perempuan dan tersebar di 7 (tujuh) dusun yang menjadi wilayah Desa Sumberarum.
Demikian asal-usul Desa Sumberarum yang bisa digali melalui penjelasan para tokoh masyarakat naik yang ada di Desa Sragi maupun Desa Sumberarum.

Contact Details

  Alamat :   Jl. Hos Cokroaminoto no.28 Sumberarum Songgon Banyuwangi
  Email : desa.sumberarum28@gmail.com
  Telp. : 082230166183
  Instagram :
  Facebook : Pemdes Sumberarum
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi